Kamis, 12 Mei 2016

11 Aturan Benar Mencuci Rambut

BAGAIMANA cara mencuci rambut atau keramas telah sangat kita kuasai karena telah menjadi kebiasaan. Namun, mungkin belum semua paham cara keramas yang benar.
 
Keramas untuk membersihkan rambut dan kulit kepala. Saat caranya tidak benar, Anda akan terjebak dalam berbagai masalah, seperti ketombe, rambut rontok, bercabang, dan lainnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memahami cara benar keramas, seperti dilansir Idiva berikut ini:
 
Cuci rambut secara menyeluruh. Ini merupakan tahap awal yang terpenting karena dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak busa meski dengan sedikit sampo. Gunakan air hangat karena dapat membantu membuka pori-pori kulit kepala.
 
Gunakan sampo yang tepat. Pilih sampo yang cocok untuk kulit kepala dan tipe rambut Anda karena ada berbagai jenis sampo untuk kulit kepala kering atau berminyak, ketombe, dan lainnya. Selain itu, ada pula sampo untuk rambut berwarna, keriting, atau rambut normal.
 
Tambahkan sampo dengan air. Hal ini guna meminimalkan kandungan-kandungan berbahan kimia yang terdapat pada sampo.
 
Pijat kulit kepala. Saat mencuci rambut dengan sampo, gunakan ujung jari Anda untuk memijat kulit kepala dengan gerakan memutar. Ini akan membersihkan kotoran dan menghilangkan sel-sel kulit mati dari kulit kepala.
Jangan gunakan kondisioner pada kulit kepala. Hanya gunakan kondisioner, mulai dari tengah hingga ujung rambut.
 
Atasi kekusutan. Saat menggunakan kondisioner merupakan waktu yang tepat untuk mengatasi kekusutan pada rambut.
 
Hindari penggunaan air panas. Jangan pernah sekali-kali menggunakan air panas untuk mencuci rambut karena akan merusak kulit kepala, batang, serta helai rambut. Anda disarankan untuk menggunakan air hangat saat mencuci rambut sebelum menggunakan sampo dan air dingin setelah membilas bersih sampo dan kondisioner.
 
Sedikit lebih baik. Jangan menggunakan terlalu banyak sampo dan juga kondisioner.
 
Cek kulit kepala. Selalu pastikan kulit kepala sudah benar-benar bersih dari sampo dan kondisioner sebelum Anda meninggalkan kamar mandi. Hal ini dikarenakan sisa sampo dan kondisioner akan merusak kulit kepala dan juga menyebabkan ketombe.
 
Jangan menyikat rambut basah. Rambut sangat rapuh dan lemah saat basah, oleh karena itu biarkan rambut kering terlebih dahulu sebelum Anda menyisirnya. 
 
Keringkan dengan handuk perlahan. Jangan gosok rambut yang basah dengan handuk. Peraslah secara perlahan dengan handuk dan biarkan kering dengan sendirinya.
 
Jangan tidur dengan rambut basah. Jika Anda keramas pada malam hari pastikan rambut Anda sudah kering ketika Anda akan pergi tidur, hal ini untuk menghindari kerusakan karena rambut basah sangat rapuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar